Berkenalan Dengan Digital Marketing
Berkenalan Dengan Digital Marketing 2

Di era Globalisasi ini siapa yang tidak tau dengan Digital Marketing, atau Pemasaran Digital. Di era ini DigitaL Marketing sendiri sudah banyak menjadi metode atau strategi promosi yang mulai di lakukan oleh kebanyakan pelaku usaha. Yuk kita bahas lebih dalam lagi apasih Digital Marketing itu.

Apasih Digital Marketing itu ?

Zaman semakin maju begitupula dengan perkembangan teknologi yang banyak membuat perubahan besar tentang cara berkomunikasi bahkan pemasaran produk yang banyak di sebut sebagai pemasaran digital.

Digital marketing sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi sebuah product, Brand atau jasa yang dilakukan melalui media digital.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Digital

Pemasaran melalui metode ini pun bertujuan menjangkau sebanyak – banyaknya pelanggan dengan cara yang lebih efisien dan relevan. Berbeda dengan cara pemasaran tradisional yang masih menggunakan media cetak, untuk digital marketing ini menggunakan metode online. Yuk kita bahas lebih lanjut jenis – jenis Digital Marketing yang biasa di gunakan, di antaranya :

1.   Website dan Search Engine Optimization (SEO)

Semakin berkembag nya zaman, tidak sedikit orang yang lebih suka membeli barang melalui online, maka sebab itu memiliki sebua website adalah kebutuhan pokok bagi pemilik bisnis di era ini. Arti Website sendiri adalah halaman dengan informasi tertentu yang bisa di akses secara online.

SEO atau Search Engine Optimization sendiri adalah teknik yang di gunakan untuk mengoptimalisasi suatu website dengan tujuan memudahkan pencarian untuk menemukan website/ halamandengan keyword yang di tentukan oleh user. Maka dari itu website membutuhkan SEO yang tepat agar memudahkan konsumen menemukan websitenya.

Di zaman yang sudah super modern ini website sendiri sudah menjadi identitas online bagi setiap pemilik usaha maka penting sekali dalam memberikan informasi yang sangat lengkap sesuai dengan yang di butuhkan oleh pelanggan atau calon konsumen.

2.   Search Engine Marketing (SEM)

Jika fokus SEO adalah menempatkan website pada hasil pencarian teratas pada pencarian organik saja, SEM menargetkan hasil pencarian teratas baik pada organik maupun pada yang berbayar (iklan).

3.   Social Media Marketing

Di jaman sekarang ini hampir tidak ada orang yang tidak menggunakan media social dalam kesehariannya. Maka dari itu media social sendiri sangat tepat di jadikan sasaran pemasaran untuk membangun citra atau image demi meningkatkan target pasar.

Pemasaran melalui media social sendiri dapat menjadi senjata yang efektif untuk menjangkau berbagai kalangan target pasar.

4.   Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten adalah salah satu jenis digital marketing yang menggunakan konten untuk berinteraksi dengan target pasar produknya.

Konten sendiri maksudnya adalah berupa video, artikel, infografis, buku elektronik, dan jenis konten lain yang dapat memberikan nilai manfaat bagi penggunanya.

Tujuan dari pembuatan konten tersebut adalah menciptakan traffic ke website perusahaan agar menciptakan alur konversi yang stabil. Selain itu, konten juga yang menarik untuk meningkatkan visibilitas merek untuk target pasarnya.

5.   Influencer Marketing

Pemasaran yang satu ini sedang menjadi tren baru di kalangan bisnis menengah atas untuk meningkatkan image penjualan produk mereka. Influencer marketing menggabungkan pemasaran tradisional dengan digital yang mirip dengan sistem endorsement menggunakan jasa selebritas.

Namun dalam hal ini Berbeda dengan selebritas, seorang influencer mendapatkan pengaruh dan ketenarannya dari konten-konten yang mereka buat di media social mereka.

Kerja sama antara perusahaan dan influencer ini bisa biasanya berbayar. Namun menggunakan sarana pemasaran digital seperti ini dapat mempercepat pertumbuhan bisnis karena informasi digital ini dapat diakses hanya dengan beberapa klik atau gerakan jempol saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *